Minggu, 29 Mei 2016

My Mission of Life

Bismillah...

Allah berkehendak bagi manusia untuk menemukan peran hidupnya (mission of life) untuk mencapai maksud serta tujuan penciptaan sejatinya (purpose of life) yang Dia ciptakan bagi manusia lalu mempersembahkannya kembali kepadaNya dengan memberi sebesar-besarnya manfaat dan rahmat bagi semesta.
WHY, WHAT, HOW = PURPOSE, MISSION, VISION =MAKSUD, TUGAS, CITA-CITA
  1. THE PURPOSE OF LIFE => GUIDES YOU
  • Ibadah
  • Imaroh
  • Khalifah
  • Imama
     2.   THE MISSION OF LIFE => DRIVES YOU
  • Peran peradaban personal =>Menebar rahmat bagi semesta (peace & compassion)                                                          =>Membawa kabar gembira dan peringatan (solution                                                                 maker & problem solver)
  • Peran peradaban komunal =>Umat terbaik (khoiru ummah)                                                                                                =>Ummat pertengahan (ummatan wasathan)
  • =>=>MISI SPESIFIK : Peran sesuai fitrah bakat
     3.   THE VISION OF LIFE => WHAT YOU ASPIRE TO
  • Cita-cita harus selaras Misi
  • Cita-cita adalah milestone dari Misi
  • Cita-cita punya hasil yang ingin dicapai (Output)
  • Cita-cita punya ukuran yang berdampak pada hasil (Indikator Impact)
~Fitrah Based Education, hal.17~


NHW #3 
MEMBUAT KURIKULUM BELAJAR YANG "GUE BANGET"

1. Belajar konsisten mengisi checklist harian yang sudah dibuat di NHW #1. Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu "memantaskan diri setiap saat. Latih dengan keras diri kita agar lingkungan menjadi lunak terhadap kita.

Checklist harian yang sudah saya buat 4 pekan lalu sudah beberapa kali mengalami revisi. Corat-coret di sana-sini untuk menyesuaikan dengan segambreng aktivitas sehari-hari. Menentukan kembali prioritas, apa yang penting dan harus disegerakan, apa yang bisa ditunda. Konsistensi di awal yang paling berat. Dua kali evaluasi membuat diri saya akhirnya bisa melihat apa saja aktivitas yang perlu dan yang tidak perlu dilakukan. Checklist ini juga membantu saya menggeser hal-hal tidak perlu yang dulu sering saya lakukan dan akhirnya menghabiskan waktu saya jadi sia-sia. 

2. Baca dan renungkan kembali NHW #2, kemudian tetapkan pada diri sendiri, Misi Hidup apa yang kita emban di muka bumi ini, bidang apa yang ingin kita kuasai ?

Misi Hidup : Memberi edukasi bagi banyak orang
Bidang      : Pengasuhan anak, Fashion dan Lingkungan Hidup
Peran        : Educator

3. Susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Untuk menjadi ahli di bidang pengasuhan anak dan lingkungan hidup maka tahapan ilmu yang harus saya kuasai adalah sebagai berikut :

a. Bunda Sayang : 
  • Komunikasi produktif
  • Memandu kemandirian anak
  • Melejitkan kecerdasan emosi dan spiritual
  • Cerdas finansial sejak dini
  • Pendidikan seks yang tepat dan benar sejak dini
b. Bunda Cekatan
  • Learn how to learn
  • Manajemen waktu
  • A Home Team
  • Meraih mimpi menata masa depan
  • Public speaking
c. Bunda Produktif
  • Ilmu berkebun/beternak organik
  • Ilmu tentang permaculture
  • Ilmu tentang pengolahan limbah

4. Tetapkan milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup


Belajar tentang fashion saya mulai sejak duduk di bangku SMP (tahun 1998). Saat itu mendesain dan crafting adalah hal yang tidak pernah membuat saya bosan. Sedangkan belajar ilmu seputar pengasuhan anak sudah saya mulai semenjak mengandung si sulung (tahun 2006). Saat kami pindah ke lingkungan dimana rumah kami berdiri saat ini (tahun 2010), saya mulai merasa terpanggil untuk menjaga agar bumi ini tetap hijau. Kegiatan berkebun menjadi aktivitas baru yang selalu membuat saya bersemangat. Melihat tanaman-tanaman itu tumbuh subur berdampingan satu dengan yang lainnya membawa kedamaian tersendiri bagi saya pribadi. Dengan berkebun juga menjadi salah satu sarana kami mengasuh dan mendidik anak-anak yang memilih untuk tidak bersekolah. Saat ini yang belum saya kuasai secara mendalam adalah ilmu-ilmu yang saya tuliskan di atas. Maka untuk mendukung Misi Hidup saya, milestone yang saya susun adalah sebagai berikut :

  • KM 0 - KM 1 : Ilmu Bunda Sayang
  • KM 1 - KM 2 : Ilmu Bunda Cekatan
  • KM 2 - KM 5 : Ilmu Berkebun dan beternak organik
  • KM 5 - KM 7 : Ilmu tentang permakultur
  • KM 7 - KM 8 : Ilmu tentang pengolahan limbah

5. Koreksi kembali checklist NHW #1, apakah sudah kita masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum, segera ubah dan cantumkan.

Revisi, revisi, revisi. Ya... Revisi ini jadi menyenangkan karena kami tahu dan sadar bahwa revisi yang kami lakukan akan membuat rencana kami ke depan jadi makin baik. ^_^

6. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan !!

Sebagai manusia, hak kita hanyalah berproses. Soal hasil itu adalah hak Allah semata. Maka, nikmati saja prosesnya. Nikmati dan berbahagia dengan proses yang kita jalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar